Contoh Kasus Komunikasi



PT Golden Castle , bergerak dalambidang konveksi atau textil, mengalami permasalahanantara perusahaan dengan karyawan. Permasalahan initerjadi yang disebabkan oleh adanya misscommunication antara atasan dengan karyawannya.Adanya perubahan kebijakan dalam perusahaanmengenai penghitungan gaji atau upah kerjakaryawan,namun pihak perusahaan belummemberitahukan para karyawan, sehinggakaryawan merasa diperlakukan semena-menaoleh pihak perusahaan.Para karyawanmengambil tindakan yaitu dengan mendemoperusahaan, Namun tindakan ini berujung padaPHKbesar-besaran yang dilakukan olehperusahaan.

Perusahaan manapun pasti pernahmengalami permasalahan internal.Mulai dari tingkatindividu, kelompok, sampai unit..Mulai dariderajat dan lingkup permasalahan yang kecil sampaiyang besar. Yang relatif kecil seperti masalahadu mulut tentang pribadi antarkaryawan,sampai yang relatif besar seperti bedapandangan tentang strategi bisnis di kalanganmanajemen.
Contoh lainnya dari permasalahan yangrelatif besar yakni antara karyawan danmanajemen.Secara kasat mata kita bisa ikutiberita sehari-hari di berbagai media.Disitutampak permasalahan dalam bentuk demonstrasi danpemogokan.Apakah hal itu karena tuntutanbesarnya kompensasi, kesejahteraan, keadilanpromosi karir, ataukah karena tuntutan hakasasi manusia karyawan.

Penjelasan kasus :

Didalam hubungan komunikasi di suatulingkungan kerja atau perusahaan antara individu akan sering terjadi. Permasalahan yang seringterjadi biasanya adalah karena masalahkominikasi yang kurang baik. Sehingga caramengatasi masalah dalam perusahaanharus benar-benar dipahami management intidari perusahaan, untuk meminimalisir dampakyang timbul.Permasalahan atau konflik yang terjadiantara karyawan atau karyawan dengan atasanyang terjadi karena masalah komunikasi harus diantisipasi dengan baik dan dengan system yangterstruktur. Karena jika masalah komunikasiantara atasan dan bawahan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya
mogok kerja, bahkan demo.

Sehingga untuk mensiasati masalah ini bias dilakukan dengan berbagaicara :

1.      Membentuk suatu system informasi yangterstruktur, agar tidak terjadi kesalahandalam komunikasi.Misalnya, dengan membuatpapan pengumungan atau pengumumanmelalui loudspeaker.
2.      Buat komunikasi dua arah antara atasan danbawahan menjadi lancer dan harmonis,misalnya dengan membuat rapat rutin,karena dengan komunikasi yang dua arah danintens akan mengurangi masalah di lapangan.
3.      Beri pelatihan dalam hal komunikasi kepadaatasan dan karyawan, pelatihan akanmemberikan pengetahuan dan ilmu baru bagisetiap individu dalam organisasi danmeminimalkan masalah dalam hal komunikasiBiasanya masalah timbul karena lingkungan yangkurang kondusif di suatu perusahaan. Misalnya,kondisi cahaya yang kurang, atau sirkulasi yangkurang baik, dan temperature ruangan yangtinggi sangat mungkin untuk meningkatkanemosi seseorang, jadi kondisi dari lingkunganjuga harus di perhatikan

Komentar

Postingan Populer