Contoh Kasus Komunikasi
PT Golden Castle , bergerak
dalambidang konveksi atau textil, mengalami permasalahanantara perusahaan
dengan karyawan. Permasalahan initerjadi yang disebabkan oleh adanya
misscommunication antara atasan dengan karyawannya.Adanya perubahan kebijakan dalam perusahaanmengenai penghitungan gaji atau
upah kerjakaryawan,namun pihak perusahaan belummemberitahukan para karyawan,
sehinggakaryawan merasa diperlakukan semena-menaoleh pihak perusahaan.Para
karyawanmengambil tindakan yaitu dengan mendemoperusahaan, Namun tindakan ini
berujung padaPHKbesar-besaran yang dilakukan olehperusahaan.
Perusahaan manapun pasti
pernahmengalami permasalahan
internal.Mulai dari tingkatindividu, kelompok, sampai unit..Mulai dariderajat
dan lingkup permasalahan yang kecil
sampaiyang besar. Yang relatif kecil seperti masalahadu mulut tentang pribadi
antarkaryawan,sampai yang relatif besar seperti bedapandangan tentang strategi
bisnis di kalanganmanajemen.
Contoh lainnya dari permasalahan
yangrelatif besar yakni antara karyawan danmanajemen.Secara kasat mata kita
bisa ikutiberita sehari-hari di berbagai media.Disitutampak permasalahan
dalam bentuk demonstrasi danpemogokan.Apakah hal itu karena
tuntutanbesarnya kompensasi, kesejahteraan, keadilanpromosi karir, ataukah
karena tuntutan hakasasi manusia karyawan.
Penjelasan kasus :
Didalam hubungan komunikasi di
suatulingkungan kerja atau perusahaan antara individu akan sering terjadi. Permasalahan yang seringterjadi biasanya adalah karena masalahkominikasi yang kurang
baik. Sehingga caramengatasi masalah dalam perusahaanharus benar-benar dipahami management intidari perusahaan,
untuk meminimalisir dampakyang timbul.Permasalahan atau konflik yang
terjadiantara karyawan atau karyawan dengan atasanyang terjadi karena masalah
komunikasi harus diantisipasi dengan baik dan dengan system yangterstruktur.
Karena jika masalah komunikasiantara atasan dan bawahan terjadi hal-hal yang
tidak diinginkan, misalnya
mogok kerja, bahkan demo.
Sehingga untuk mensiasati masalah ini bias dilakukan dengan berbagaicara :
1.
Membentuk suatu system
informasi yangterstruktur, agar tidak terjadi kesalahandalam
komunikasi.Misalnya, dengan membuatpapan pengumungan atau pengumumanmelalui
loudspeaker.
2.
Buat komunikasi dua arah
antara atasan danbawahan menjadi lancer dan harmonis,misalnya dengan membuat
rapat rutin,karena dengan komunikasi yang dua arah danintens akan mengurangi
masalah di lapangan.
3.
Beri pelatihan dalam hal
komunikasi kepadaatasan dan karyawan, pelatihan akanmemberikan pengetahuan dan
ilmu baru bagisetiap individu dalam organisasi danmeminimalkan masalah dalam
hal komunikasiBiasanya masalah timbul karena lingkungan yangkurang kondusif di
suatu perusahaan. Misalnya,kondisi cahaya yang kurang, atau sirkulasi
yangkurang baik, dan temperature ruangan yangtinggi sangat mungkin untuk
meningkatkanemosi seseorang, jadi kondisi dari lingkunganjuga harus di
perhatikan.
Komentar
Posting Komentar