PENGANTAR ANIMASI DAN DESAIN GRAFIS
Kata animasi berasal dari kata
animation yang berasal dari kata dasar to anime di dalam kamusIndonesia inggris
berarti menghidupkan. Secara umum animasi merupakan suatu
kegiatanmenghidupkan,menggerakkan benda mati. Suatu benda mati diberi dorongan,
kekuatan, semangatdan emosi untuk menjadi hidup atau hanya berkesan hidup.
Sebenarnya, sejak jaman dulu, manusiatelah mencoba menganimasi gerak gambar
binatang mereka, seperti yang ditemukan oleh para ahlipurbakala di gua Lascaux
Spanyol Utara, sudah berumur dua ratus ribu tahun lebih. Merekamencoba untuk
menangkap gerak cepat lari binatang, seperti celeng, bison atau
kuda,digambarkannya dengan delapan kaki dalam posisi yang berbeda dan bertumpuk
(Hallas andManvell 1973). Salah satu contoh animasi yang popular saat ini adalah
“upin dan ipin”.
REFERENSI
:
http://www.academia.edu/8535570/Pengertian_Animasi_dan_jenis_jenisnya
http://www.academia.edu/8535570/Pengertian_Animasi_dan_jenis_jenisnya
2. PRINSIP DASAR ANIMASI
Jenis – jenis animasi,
dilihat dari tehnik pembuatannya animasi yang ada saat ini dapat dikategorikan
menjadi 3 yaitu :
- Animasi Stop-Motion(Stop Motion Animation)
- Animasi Tradisional (Traditional animation)
- Animasi Komputer (Computer Graphics Animation)
12 syarat/prinsip agar
animasi terlihat nyata.
Timing (Waktu)
Ini menentukan
apakah gerakan tersebut alami atau tidak.
Ease In dan Ease Out (Percepatan dan perlambatan)
slow in dan slow out
menegaskan bahwa setiap gerakan memiliki percepatan dan perlambatan yang
berbeda-beda.
Arcs (Lengkungan)
system pergerakan
tubuh pada manusia, binatang, atau makhluk hidup lainnya bergerak mengikuti
pola/jalur (maya) yang disebut Arcs.
Folloew Through and Overlapping Action (Gerakan penutup sebelum
benar-benar diam)
Follow through
adalah tentang bagian tubuh tertentu yang tetap bergerak meskipun seseorang
telah berhenti bergerak dan Overlapping action adalah serangkain gerakan yang
saling mendahului.
Secondary Action (Gerakan Pelengkap)
gerakan-gerakan
tambahan yang dimaksudkan untuk memperkuat gerakan utama supaya sebuah animasi
tampak lebih realistic.
Squash and Strecth (Kelenturan suatu Objeck)
adalah upaya
penambahan efek lentur (plastis) pada objek atau figus sehingga seolah-olah
‘memuai’ atau ‘menyusut’ sehingga memberikan efek gerak yag lebih hidup.
Exaggeration (Melebih-lebihkan)
merupakan upaya
mendramatisir animasi dalam bentuk rekayasa gambar yang bersifat hiperbolis.
Straight Ahead and Pose to Pose
pembuatan animasi
oleh seorang animator dengan cara menggambar hanya pada keyframe-keyframe
tertentu saja.
Anticipation (gerakan Pendahulu)
persiapan / awalan
gerak atau ancan-ancang.
Staging (Bidang Gambar)
dibuat untuk
mendukung suasana atau ‘mood’ yang ingin dicapai dalam sebagian atau
keseluruhan scene.
Personality (Penjiwaan Karakter)
Membuat sedetail
mungkin kepribadian seorang tokoh misalkan tanggal lahir, hobi, sifat baik dan
jahat.
Appeal (Daya Tarik Karakter)
Appeal berkaitan
dengan keseluruhan look atau gaya visual dalam animasi.
Pencetus dari ke-12 prinsip animasi diatas
adalah Thomas dan Johnston yang memberikan 12
prinsip animasi yang di adopsi dari animasi produksi Walt Disney.
REFERENSI :
http://oprekzone.com/12-prinsip-animasi/
http://oprekzone.com/12-prinsip-animasi/
http://dinus.ac.id/repository/docs/ajar/materi1animasi.pdf
3 . STORYBOARD DAN STOP MOTION
Storyboard
adalah cerita yang
digambarkan secara visual panel demi panel, seperti komik, namun dilengkapi
dengan keterangan mengenai dialog, suara, arah gerakan, waktu dan bahasa
kamera.
Storyboard digunakan
untuk pravisualisasi film, animasi, motion graphic atau media interaktif
termasuk website interaktif, dikembangkan oleh Walt Disney studio pada awal
1930-an.
Berfungsi sebagai
pratinjau dan sebagai script visual untuk :
· Sudut
Kamera
· Lighting
· Sound
Effect
· Pengaturan
adegan
· Pengaturan
proporsi
· Menyinambungkan
cerita
· Mempermudah
proses produksi yang akan dilakukan
Stop-motion
animation
Stop-motion animation sering pula disebut
claymation karena dalam perkembangannya, jenis animasi ini sering menggunakan
clay (tanah liat) sebagai objek yang digerakkan .Tehnik stopmotion animation
merupakan animasi yang dihasilkan dari penggambilan gambar berupa obyek (boneka
atau yang lainnya) yang digerakkan setahap demi setahap. Dalam pengerjaannya
teknik ini memiliki tingkat kesulitan dan memerlukan kesabaran yang tinggi.
Wallace and Gromit dan Chicken Run , karya Nick Parks, merupakan salah satu
contoh karya stop motion animation. Contoh lainnya adalah Celebrity Deadmatch
di MTV yang menyajikan adegan perkelahian antara berbagai selebriti dunia.
REFERENSI
:
http://dinus.ac.id/repository/docs/ajar/materi1animasi.pdf
http://dinus.ac.id/repository/docs/ajar/materi1animasi.pdf
http://www.academia.edu/8535570/Pengertian_Animasi_dan_jenis_jenisnya
Can the online casino for real money work? | Casinowoworld
BalasHapus› › Casino & Sportsbook 바카라 › › Casino & Sportsbook You can use 인카지노 casino real money with no deposit. At Casinoworld, we offer you the best casino online with a bonus septcasino and you can play slots from