PENGANTAR ANIMASI DAN DESAIN GRAFIS



1. PENGERTIAN ANIMASI

            Kata animasi berasal dari kata animation yang berasal dari kata dasar to anime di dalam kamusIndonesia inggris berarti menghidupkan. Secara umum animasi merupakan suatu kegiatanmenghidupkan,menggerakkan benda mati. Suatu benda mati diberi dorongan, kekuatan, semangatdan emosi untuk menjadi hidup atau hanya berkesan hidup. Sebenarnya, sejak jaman dulu, manusiatelah mencoba menganimasi gerak gambar binatang mereka, seperti yang ditemukan oleh para ahlipurbakala di gua Lascaux Spanyol Utara, sudah berumur dua ratus ribu tahun lebih. Merekamencoba untuk menangkap gerak cepat lari binatang, seperti celeng, bison atau kuda,digambarkannya dengan delapan kaki dalam posisi yang berbeda dan bertumpuk (Hallas andManvell 1973). Salah satu contoh animasi yang popular saat ini adalah “upin dan ipin”.
REFERENSI : 
http://www.academia.edu/8535570/Pengertian_Animasi_dan_jenis_jenisnya

2. PRINSIP DASAR ANIMASI

Jenis – jenis animasi, dilihat dari tehnik pembuatannya animasi yang ada saat ini dapat dikategorikan menjadi 3 yaitu :

  1.       Animasi Stop-Motion(Stop Motion Animation)
  2.             Animasi Tradisional (Traditional animation)
  3.       Animasi Komputer (Computer Graphics Animation)
12 syarat/prinsip agar animasi terlihat nyata.

      Timing (Waktu)
Ini menentukan apakah gerakan tersebut alami atau tidak.
            Ease In dan Ease Out (Percepatan dan perlambatan)
slow in dan slow out menegaskan bahwa setiap gerakan  memiliki percepatan dan perlambatan yang berbeda-beda.
      Arcs (Lengkungan)
system pergerakan tubuh pada manusia, binatang, atau makhluk hidup lainnya bergerak mengikuti pola/jalur (maya) yang disebut Arcs.
      Folloew Through and Overlapping Action (Gerakan penutup sebelum benar-benar diam)
Follow through adalah tentang bagian tubuh tertentu yang tetap bergerak meskipun seseorang telah berhenti bergerak dan Overlapping action adalah serangkain gerakan yang saling mendahului.
      Secondary Action (Gerakan Pelengkap)
gerakan-gerakan tambahan yang dimaksudkan untuk memperkuat gerakan utama supaya sebuah animasi tampak lebih realistic.
           Squash and Strecth (Kelenturan suatu Objeck)
adalah upaya penambahan efek lentur (plastis) pada objek atau figus sehingga seolah-olah ‘memuai’ atau ‘menyusut’ sehingga memberikan efek gerak yag lebih hidup.
      Exaggeration (Melebih-lebihkan)
merupakan upaya mendramatisir animasi dalam bentuk rekayasa gambar yang bersifat hiperbolis.
      Straight Ahead and Pose to Pose
pembuatan animasi oleh seorang animator dengan cara menggambar hanya pada keyframe-keyframe tertentu saja.
      Anticipation (gerakan Pendahulu)
persiapan / awalan gerak atau ancan-ancang.
      Staging (Bidang Gambar)
dibuat untuk mendukung suasana atau ‘mood’ yang ingin dicapai dalam sebagian atau keseluruhan scene.
           Personality (Penjiwaan Karakter)
Membuat sedetail mungkin kepribadian seorang tokoh misalkan tanggal lahir, hobi, sifat baik dan jahat.
      Appeal (Daya Tarik Karakter)
Appeal berkaitan dengan keseluruhan look atau gaya visual dalam animasi.

Pencetus dari ke-12 prinsip animasi diatas adalah Thomas dan Johnston yang memberikan 12 prinsip animasi yang di adopsi dari animasi produksi Walt Disney.
REFERENSI : 
http://oprekzone.com/12-prinsip-animasi/
http://dinus.ac.id/repository/docs/ajar/materi1animasi.pdf

3 . STORYBOARD DAN STOP MOTION

Storyboard
adalah cerita yang digambarkan secara visual panel demi panel, seperti komik, namun dilengkapi dengan keterangan mengenai dialog, suara, arah gerakan, waktu dan bahasa kamera.
Storyboard digunakan untuk pravisualisasi film, animasi, motion graphic atau media interaktif termasuk website interaktif, dikembangkan oleh Walt Disney studio pada awal 1930-an.
Berfungsi sebagai pratinjau dan sebagai script visual untuk :
·         Sudut Kamera
·         Lighting
·         Sound Effect
·         Pengaturan adegan
·         Pengaturan proporsi
·         Menyinambungkan cerita
·         Mempermudah proses produksi yang akan dilakukan

Stop-motion animation
Stop-motion animation sering pula disebut claymation karena dalam perkembangannya, jenis animasi ini sering menggunakan clay (tanah liat) sebagai objek yang digerakkan .Tehnik stopmotion animation merupakan animasi yang dihasilkan dari penggambilan gambar berupa obyek (boneka atau yang lainnya) yang digerakkan setahap demi setahap. Dalam pengerjaannya teknik ini memiliki tingkat kesulitan dan memerlukan kesabaran yang tinggi. Wallace and Gromit dan Chicken Run , karya Nick Parks, merupakan salah satu contoh karya stop motion animation. Contoh lainnya adalah Celebrity Deadmatch di MTV yang menyajikan adegan perkelahian antara berbagai selebriti dunia.

REFERENSI : 
http://dinus.ac.id/repository/docs/ajar/materi1animasi.pdf
http://www.academia.edu/8535570/Pengertian_Animasi_dan_jenis_jenisnya


Komentar

  1. Can the online casino for real money work? | Casinowoworld
    › › Casino & Sportsbook 바카라 › › Casino & Sportsbook You can use 인카지노 casino real money with no deposit. At Casinoworld, we offer you the best casino online with a bonus septcasino and you can play slots from

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer